Penjaskes Sekolah Dasar olahraga renang di Indonesia telah ada sejak tahun a195 6 b 1927 C 1914 D 1904


Tolong jawab ada pr nih ​

olahraga renang di Indonesia telah ada sejak tahun a195 6 b 1927 C 1914 D 1904


Tolong jawab ada pr nih ​

Jawaban:

D 1904

Penjelasan:

Cabang olahraga (cabor) renang telah ada sejak sebelum kemerdekaan, yaitu dimulai sejak zaman Kerajaan Majapahit. Pada masa itu, berenang digunakan untuk tujuan berperang, menangkap ikan, maupun untuk menjadi bajak laut. 

Armada perang Majapahit terkenal sebagai armada perang yang mampu mengarungi lautan dan samudera untuk menambah wilayah kekuasaan. Tanpa mempunyai kemampuan untuk berenang, mustahil untuk dilakukan.

Buktinya dapat ditemukan pada beberapa situs sejarah seperti relief candi yang menggambarkan kemampuan berenang. Juga pada keraton-keraton peninggalan kerajaan atau daerah sekitar candi juga seringkali ditemukan kolam renang yang digunakan keluarga kerajaan untuk mandi dan berenang.

Hal tersebut membuktikan bahwa renang di Indonesia telah ada, tetapi belum diketahui gaya renang yang digunakan pada saat itu.

Sejarah kolam renang di Indonesia. Banyak kolam renang yang dibangun setelah tahun 1900 salah satunya adalah kolam renang Cihampelas di Bandung yang didirikan pada tahun 1904. Sesuai dengan tempat dimana kolam itu dibangun, yaitu Bandung, maka bisa dikatakan bahwa renang di Indonesia berawal dari Bandung.